Sabtu, 10 November 2012

Pola Perkembangan Fisik Selama Masa Bayi



(Ini adikku, Ovira waktu umur 6 bulan ^^)
Kemarin,buka-buka buku Elizabeth Harlock, yang setebal Harry Potter. Jujur,buku ini baru saya buka-buka sedikit, saya baca-baca sedikit. Buku seperti ini memang beda sekali ya dengan novel. Kalo novel sekelas Harry Potter bisa dibaca 1-2 hari, atau kalau lagi free sehari bisa baca 1-3 novel, Psikologi Perkembangan ini tidak selesai-selesai karena bacanya secuil-cuil, maka ini saya akan berbagi secuil tentang materi Stimulasi dini.

Pola Perkembangan Fisik Selama Masa Bayi
Berat
Ketika usia empat bulan,berat bayi biasanya bertambah dua kali lipat. Ketika usia bayi 1 tahun, biasanya beratnya adalah  3 kali berat lahirnya. Berat tubuh bayi naik
karena ada peningkatan jaringan lemak.
Tinggi

Di usia empat bulan, panjang bayi sekitar 23-24 inci atau setelah saya hitung (dibulatkan ),kira-kira 58- 61 cm. Ketika umur 1 tahun sekitar 28-30 inci dan kalau sudah 2 tahun tingginya 32-34 inch. -jadikan cm sendiri yak-
Proporsi fisik

Pertumbuhan kepala bayi berkurang tetapi pertumbuhan badan dan tungkainya meningkat. Jadi,berangsur-angsur proporsinya seimbang, tidak seperti lahir yang "berat diatas". Bayi juga mulai ramping dan tidak gempal di masa-masa akhir bayi
Tulang
Jumlah tulang meningkat selama masa bayi. Pengerasan tulang dimulai pada awal tahun pertama,tapi pengerasan baru akan selesai sampai masa puber. Ubun-ubun bayi 50% telah tertutup pada usia 18 bulan dan tertutup seluruhnya pada usia 2 tahun.
Otot dan lemak
Urat dan otot berkembang lambat di masa bayi dan masih lemak. Sedangkan jaringan lemak berkembang pesat.
Bangun Tubuh
Bayi mulai menunjukkan karakteristik bentuk tubuhnya. Nah ada 3 bentuk bangun tubuh yang lazim.

1.Ektomorfik , bayi cenderung panjang dan langsing

2. Endomorfik bayi cenderung bulat dan gemuk

3.Mesomorfik bayi cenderung berat,keras dan empat persegi panjang

Gigi
Rata-rata bayi usia satu tahun memiliki empat hingga enam gigi susu. Lalu ketika dua tahun ada 16 buah gigi susu. Geraham, empat gigi yang akhir akan muncul di awal masa kanak-kanak.
Susunan Saraf

Ketika lahir, berat otak adalah 1/8 berat total bayi. Pertambahan berat otak paling pesat adalah masa golden age, sampai 2 tahun. Otak kecil bertambah berat 3 kali lipat dalam satu tahun sesudah kelahiran,begitu juga otak besar.

Perkembangan organ perasa/ indera Pada usia tiga bulan, otot mata bayi sudah cukup terkoordinasi untuk memungkinkan bayi melihat secara jelas dan nyata. Selain itu sel kerucut sudah berkembang dan memungkinkan mereka melihat warna. Pendengaran berkembang pesat di waktu-waktu ini. Penciuman,pengecapan dan perabaan terus berkembang . Bayi tanggap sekali terhadap rangsangan kulit karena tekstur kulit bayi tuh masih tipis.

Nah itu secuil yang aku baca di buku Psikologi Perkembangan milik Elizabeth.B. Harlock halaman 80 ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar