Jumat, 16 November 2012

intervensi motorik kasar

Setelah sebelumnya cuilan saya tentang kriterian penggolongan keterlambatan jalan dan sebab anak lamban berjalan kali ini saya akan memberikan cuilan tentang intervensi motorik kasar, - Intervensi dan Stimulasi Vestibularis atau Kesimbangan, nanti dulu ya-Intervensi yang harus dilakukan adalah...

1. Eksplorasi Ruang Rumah Anak

Berikan kesempatan anak untuk beresplorasi ke segara penjuru rumah.
Anak juga jangan digendong terus,kata mama saya itu hanya akan menyusahkan orangtua dan buat anak enggak mau gerak.
Biarin aja anak kemana-mana. Kalau anak mulai merangkak biarkan saja, mulai merambat biarkan saja juga. . Kalo anak naik tangga biarin aja. Kata mama saya dulu, "biarin aja adik kamu itu mau ngapain"
Hindari penggunaan
kata "jangan". Biarkan anak mengeksplorasi geraknya.
Tugas Orangtua adalah mengamati anak,menjaga dan melindungi tanpa membuat geraknya terbatas. Kalo waktunya anak mulai mengeksplorasi begini, barang-barang yang bisa menyakiti,membunuh dan membahayakan anak harus dijauhkan,diletakkan di tempat yang tinggi.
Jadi rumah harus bersih,rapi dan enggak ada barang-barang berpotensi membuat bayi celaka
Kalo dulu,waktu adik saya mulai merangkak, kaca-kaca meja itu di lepas, obat nyamuk,minyak tanah,benda-benda kimia diletakkan di lemari yang tinggi.. Tak ada lagi vas bunga dan taplak meja. Untungnya colokan-colokan listrik itu tinggi-tinggi,kalau misalnya colokan listriknya rendah, usahakan di plester atau diberikan pengaman. Yah,pokoknya mencegah lebih baik daripada menyesal deh.
2. Latihan berjalan dengan karpet bergambar
Sekarang banyak ya karpet bergambar atau tempelkan gambar-gambar yang menarik di lantai. terus minta anak untuk menginjaknya. Misal,"eh monyet yang jelek itu diinjak yuk.." . Selain bagus untuk motorik, anak juga jadi mengenal benda,warna.
3. Mainan mendorong
Mainan seperti mobil-mobilan atau troli yang bisa didorong-dorong juga bisa membantu anak belajar berjalan. Tapi sebelumnya ruangan harus lapang kayak jalan tol. Atau mendorong mainannya di halaman rumah atau lapangan sepakbola. Di stadion juga bisa XD
4. Naik turun tangga
Pegang tangan satunya saat naik/turun tangga dan biarkan tangan satunya memegangi pegangan tangga. Jika di rumah tidak ada tangga, manfaatkan tangga atau undakan di luar rumah, seperi di taman bermain, di hotel, di rumah sakit, dan lainnya. Jadi, kalau buat rumah untuk bapak-ibu baru, buat tangga, cukup 3-5 undakan saja. Persiapan untuk anaknya belajar jalan hihi.

5. Sediakan tongkat berputar yang bertumpu pada satu poros. Dengan berpegangan pada bilah yang melintang, secara tak langsung anak berlatih berjalan saat mendorong bambu tersebut. Dan anak juga senang bambunya bisa berputar. beri pujian anak biar dia semangat!

6. Berjalan mundur Menarik mainan dari tempatnya membuat anak mengambil langkah mundur supaya dapat mengambil mainan tersebut. Berikan pengawasan ekstra bila anak mulai berjalan mundur. Dibelakang anak usahakan kosong,tidak ada benda-benda yang membuatnya celaka

7. Berjalan jinjit Tunjukkan pada anak bagaimana cara berjinjit. Lebih mengasyikkan kalau sambil mendengarkan lagu anak-anak yang riang. Berjalan jinjit bisa melatih keseimbangan anak.Nah itu kegiatan yang bisa diterapkan.. Silakan dicoba untuk Anda-anda yang punya baby..

Sumber : http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/07/29/dampak-dan-penanganan-terlambat-berjalan-normalkah-anakku-480838.html (dengan banyak perubahan )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar