Sabtu, 10 November 2012

Secuil tentang Tunagrahita



Pernah mendengar ini kawan?

Lemah fikiran (feeble-minded)

Terbelakang mental (mentally retarded)

Bodoh atau dungu (idiot)

Pandir (imbecilie)

Tolol (moron)

Oligofernia (oligophernia)

Mampu Didik (educable)

Mampu latih (Trainable)

Ketergantungan Penuh ( Totally Dependent) atau Butuh Rawat

.Mental Subnormal

Defisit Mental

Defisit Kognitif

Cacat Mental

Defisiensi mental

Gangguan Intelektual

Anak Berkemampuan Mental Rendah

itu semua istilah-istilah yang sering disepadankan dengan tunagrahita..
Apa sih Tunagrahita itu?

Menurut Prof.Drs. H. Moh. Amin,Dipl.H.P dalam buku Ortopedagogik Anak tunagrahita berdasarkan pp no 72 thn 1991, “Anak-anak dalam kelompok dibawah normal dan atau lebih lamban daripada anak normal, baik perkembangan sosial mapun keceradasannya disebut anak terbelakang mental; istilah resminya di indonesia disebut anak tunagrahita”

Tunagrahita bisa disebabkan banyak faktor.


Faktor yang pertama adalah genetik.
Nah, faktor genetik ini tuh karena kerusakan atau kelainan biokimiawi. Lalu Abnormalitas kromosomal. Jadi mereka memiliki susunan kromosom yang berbeda dengan kita. Bisa kurang atau kelebihan,penggandaan dan lainnya (saran : baca buku biologi kelas 12 ) Nah mereka yang menjadi tunagrahita karena faktor genetik, umumnya adalah sindroma down. Mereka lahir dengan IQ 20-50.
Tunagrahita juga bisa disebabkan karena si ibu terserang penyakit ketika hamil,misalkan infeksi rubela. Kelainan rhesus si ibu dan bayi juga bisa menyebabkan lahirnya seorang anak tunagrahita.

Retardasi mental atau tunagrahita juga dapat disebabkan gangguan pada saat kelahiran misalkan si ibu luka-luka pada saat kelahiran, sesak napas, atau si bayi lahir prematur

Penyakit setelah lahir juga bisa membuat si anak menjadi tunagrahita.misalnya meningitis (peradangan dalam selaput otak) dan juga problem nurisi atau kekurangan gizi. contohnya anak yang kekurangan protein dari awal bayi dan awal masa kanak-kanak dapat menyebabkan anak menjadi tunagrahita .

Gangguan metabolisme atau nutrisi juga menjadin penyebabnya contoh gangguan yang dapat menyebabkan tunagrahita adalah :
a. Pheniketanuria .gangguan pada metabolisme asam amino , yaitu gangguan pada enzim peniketo nuria
b. Gargoylisme. Gangguan metabolosme SACCHAride dalam hati , limpa kecil, dan tak
c. Cretinisme. Gangguan pada hormon tiroid yang dikenal karena defisiensi yodium.

Karakteristik anak tunagrahita menurut brown at all , 1991; wolery & harring , 1994 pada eksepsional children five edition, p.485 – 486, 1996 menyatakan bahwa anak tunagrahita itu...
1. Lamban dalam mempelajari hal hal baru, mempunyai kesulitan dalam mempelajari dengan kemampuan abstrak atau yang berkaitan , dan selalu cepat lupa apa yang di pelajari tanpa latihan terus menerus.
2.Anak tunagrahitan Kesulitan dalam menggeneralisasi dan mempelajari hal-hal yag baru
3. Kemampuan bicaranya sagat kurang bagi anak tunagrahita berat. Anak tunagrahita berat cenderung susah untuk menyampaikan apa yang ia inginkan lewat lisan
4. Kelainan fisik dan perkembangan gerak. Anak tunagrahita berat mempunyai keterbatasan daam gerak fisik, ada yang tidak dapat berjalan, tidak dapat berdiri atau bangun tanpa bantuan. Mereka lambat dalam mengerjakan tugas-tugas yang sangat sederhana , sulit menjangkau sesuatu, dan mendongakkan kepala.
5. Kurang dalm kemampuan menolong diri sendiri . sebagian dari anak tunagrahita berat sangat sulit untuk mengurus diri sendiri , seperti : berpakaian, makan, mengurus kebersihan diri . mereka selalu memerlukan latihan khusus untuk memepelajari kemampuan dasar
6. Tingkah laku dan interaksi yang tidak lazim . anak tunagrahita ringan dapat bermain bersama dengan anak reguler, tetapi anak yang mempunyai tunagrahita berat tidak melakukan hal tersebut. Hal itu mungkin disebabkan kesulitan bagi anak tunagrahita dalam memberikan perhatian terhadap lawan main.
7. Tingkah laku kurang wajar yang terus menerus. Banyak anak tunagrahita berat bertingkah laku tanpa tujuan yang jelas. Kegiatan mereka seperti ritual, misalnya memutar-mutar jari didepan wajahnya dan melakukan hal-hal yang membahayakan diri sendiri, misalnya menggigit diri sendiri, membentur-bentukan kepala.
Nah ,jadi ... anak tunagrahita itu adalah anak-anak yng berada di bawah rata-rata normal baik dari segi perkembangan sosial,perkembangan mental, maupun kecerdasannya. Kita harus membantu mereka memaksimalkan potensi agar mereka bisa mandiri dan berguna di masyarakat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar