Senin, 29 Oktober 2012

JANGAN AKHIRI HIDUPMU, BIARKAN TUHAN YANG MENGAKHIRINYA






JANGAN AKHIRI HIDUPMU, BIARKAN TUHAN YANG MENGAKHIRINYA

Jujur, aku pun ngeri dengan judul ini... tapi aku mau menulisnya.. Idenya kuambil dari foto Bang Uji dan Babay yang pura-pura bunuh diri di suatu siang ketika menunggu makul Bahasa Inggris..
Bunuh diri, singkatnya mengakhiri  hidup sendiri.


Menurut wikipedia Bunuh diri (dalam bahasa Inggris: suicide; dalam budaya Jepang dikenal istilah harakiri) adalah tindakan mengakhiri hidup sendiri tanpa bantuan aktif orang lain.

Alasan atau motif bunuh diri bermacam-macam, namun biasanya didasari oleh rasa bersalah yang sangat besar, karena merasa gagal untuk mencapai sesuatu harapan, dan masih banyak lagi. Sering kan mendengar bunuh diri karena putus cinta, karena jatuh miskin atau karena sakit yang diderita.Menurut Wikipedia, Pada dasarnya,
segala sesuatu itu memiliki hubungan sebab akibat (ini adalah sistematika). Dalam hubungan sebab akibat ini akan menghasilkan suatu alasan atau sebab tindakan yang disebut motif.
Motif bunuh diri ada banyak macamnya. Disini penyusun menggolongkan dalam kategori sebab, misalkan :
1. keputusasaan dan depresi
2. Cobaan hidup dan tekanan lingkungan
3. Gangguan kejiwaan / tidak waras (gila).
4. Himpitan Ekonomi atau Kemiskinan (Harta / Iman / Ilmu)
5. Penderitaan karena penyakit yang berkepanjangan

Dalam ilmu sosiologi, ada tiga penyebab bunuh diri dalam masyarakat, yaitu
1. egoistic suicide (bunuh diri karena urusan pribadi),
2. altruistic suicide (bunuh diri untuk memperjuangkan orang lain), dan
3. anomic suicide (bunuh diri karena masyarakat dalam kondisi kebingungan).


Aduh,memang susah sih. .. Kita kan tidak merasa apa yang dialami mereka, bisa aja kita berkata dengan mudahnya,”Alah cuma karena diputusin pacar kok nyilet tangan,” .Tapi mungkin saja dia sangat terpukul. Atau anak yang bunuh diri karena enggak lulus UN. Rasanya pasti malu,sakit dan sedih mengingat 3 tahun kita sudah belajar lalu tidak lulus begitu saja. Saya tahu, semua itu berat, tapi percayalah.. Tuhan tidak akan memberikan ujian melebihi batas kemampuan makhluknya.

Bukan bermaksud menggurui, ( karena saya juga kadang masih suka stres,uring-uringan,tapi semoga saya enggak punya niat mengakhiri hidup saya,) ada beberapa hal atau alasn yang harus diingat sebelum bunuh diri :
1. Ingatlah Mama dan Papamu.
Apakah kamu enggak inget sama mama kamu, yang bertarung nyawa untuk melahirkannya? Yang 9 bulan keberatan membawamu kemana-mana? Lalu kamu mau mati? Kamu mau menyia-nyiakan apa yang telah mama kamu lakukan? Kamu juga enggak kasian sama papa kamu..
2. Inget Tuhanmu
Hidup mati itu Tuhan yang menentukan.. Jangan merubah takdir Tuhan dengan bunuh diri sebelum waktunya. Ada ayatnya lo
"Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al Qur'an)." (QS. Al-Kahfi ; 6)
dan
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." (An-Nisa' : 29).
Ada hadistnya juga H. (Shahih Muslim) Dari Tsabit bin Dhahhak ra, katanya Nabi saw., sabdanya : “Siapa yang bersumpah menurut cara suatu agama selain Islam, baik sumpahnya itu dusta maupun sengaja, maka orang itu akan mengalami sumpahnya sendiri. “Siapa yang bunuh diri dengan suatu cara, Allah akan menyiksanya di neraka jahanam dengan cara itu pula.”
Nah serem kan? Allah sayang sama kita, kenapa kita malah mau mengakhiri kasih sayang Allah? Dan orang yang bunuh diri enggak bakal masuk surga..
Oiya enggak cuma Islam, semua agama melarang untuk bunuh diri,lo.

3. Liatlah orang-orang yang sakit.
Coba kamu nonton film atau punya kerabat,teman yang menderita kanker, penyakit keras yang divonis hidupnya tinggal beberapa bulan lagi, yang semangat untuk hidupnya membara. Liat mereka yang berusaha menikmati tiap detik hidupnya karena tahu hidupnya enggak lama, liat mereka yang rela operasi kemana-mana untuk bertahan hidup. Liat mereka yang harus menahan sakit dikemoterapi biar bisa melihat matahari tiap pagi. Mereka yang harus menegak obat yang pahit. Seharusnya kamu bersyukur, kalau kamu masih sehat, kamu enggak perlu menegak pil pahit, enggak perlu ngerasain sakit.. Bersyukurlah.. Alhamdulilah

4. Untuk kalian yang putus cinta, hmm sakit kali ya.. tapi mungkin cara Tuhan berkata,”Itu bukan jodoh kamu,” dan itu untuk pembelajaran kita tentang hidup.

5. Percayalah kesusahan itu akan berubah.. Karena enggak selamanya hujan turun, pasti ada pelangi dan matahari yang datang memberi senyuman~~

                          Bunuh diri berefek permanen dan tidak bisa 'dibenahi'.
6.  Hidup adalah pilihan harus membuat keputusan, tapi bukan keputusan untuk mengakhiri hidupmu. Untuk itu buatlah pilihan cerdas, meskipun kamu melakukan kesalahan saat mengambil keputusan setidaknya hal itu bisa segera "dibenahi". Kalau kamu mati,enggak bisa hidup lagi loo
7. Dengan bunuh diri sebenannya kamu ingin lari dari rasa sakit hati atau situasi yang sangat buruk. Tetapi, bunuh diri menyakiti orang-orang di sekitar yang mencintaimu. Kamu enggak sadar, mama,papa,saudara,teman kamu akan kaget dan sedih. Buat orang senang itu dapat pahala,tapi kalo buat orang sedih ?
8  Fokuskan pikiran pada hal-hal yang indah dalam hidup mu
Kalo kamu bunuh diri,percaya deh kamu enggak akan bisa nonton film kesayangan kamu,kamu enggak bisa nonton konser penyanyi favorit kamu, enggak bisa minum susu,makan coklat,menikmati cheese cake.. Aduh..
9 Kamu berperan dalam hidup orang lain
Kamu bisa jadi adalah alasan orang lain untuk tetap hidup hingga hari ini. Dan kalau kamu mengakhiri hidup, kasian kan orang yang sayang dan menjadikan kamu alsan untuk dia agar tetap hidup. Kalau dia ikutan bunuh diri karena kamu udah enggak ada ,dosa kamu bertambah lo
10. Kamu tidak sendirian
You’re not ALONE ! Sebesar apapun rasa kesendirian dan kesepian yang Kamu alami, sebenarnya Kamu tidak sendirian. Ada banyak orang diluar sana yang mau mendengarkan Kamu, tetapi Kamu takut untuk bercerita,kan?. Carilah orang lain yang Kamu percaya dan mintalah bantuan. Atau datang ke psikolog..Oiya, apakah kamu pernah berfikir? jika bunuh dirimu GAGAL dan mengakibatkan kamu menderita seumur Hidup?

Jadi,jangan coba-coba bunuh diri ya!






Kalo udah begini.. kamu bisa apa?








#foto hanya main-main jangan ditiru ya!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar